TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan

Banyak Baca Membawa Muhammad Arnold Maulana Juara 1 Lomba IT

12/05/2018 - 16:44 | Views: 9.76k
Senyum merekah siswa SMP Negeri 3 Lamongan, Muhammad Arnold MS atas keberhasilannya menjadi juara 1 dalam Lomba Rangking 1 IT, di GOR Dinas Pendidikan (Disdik) Lamongan, Sabtu, (12/5/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, LAMONGAN – Pada dasarnya, kemampuan manusia dalam ‘berpengetahuan’ sudah menjadi kromosom bawaan. Setiap manusia diberi anugrah berupa akal (ilmu) dan keinginan. Dua sumberdaya ini menjadi modal besar manusia untuk mengakses informasi-informasi teknologi (IT) ilmiah.

Manusia diberikan kewenangan untuk mengakses tabir dengan kemampuan akal dan fitrah keinginannya; untuk terus-menerus memiliki keinginan mempertanyakan.

Di posisi inilah, manusia memiliki fitrah bertanya karena keingintahuannya dan fitrah berpikir untuk mencari jawaban dari keingintahuanya tersebut, sehingga manusia menjadi satu-satunya makhluk yang senantiasa berbudaya dan berkarya cipta tanpa henti.

Satu di antara jalan untuk mencari jawaban akan keingintahuanya adalah dengan membaca. Membaca menjadi satu di antara sekian banyak cara untuk mendapatkan informasi berupa ilmu pengetahuan. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang didapatkan.

Lomba-Rangking-1df026.jpg

Dengan membaca saja, seseorang sudah mampu memiliki wawasan yang dapat membuka gerbang ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang bisa mengantarkan pada gerbang prestasi, seperti Muhammad Arnold Maulana Sugandi menjadi juara 1 dalam Lomba Rangking 1 IT yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Lamongan.

Siswa SMP Negeri 3 Lamongan, ini keluar sebagai juara Lomba Rangking 1 IT berkat ketekunannya membaca. “Belajar LKS dan buku-buku TI yang ada di perpus (perpustakaan) juga bimbingan dari bu Elia (guru SMP Negeri 3 Lamongan),” katanya.

Bahkan, siswa kelas VIII ini pun menjalani rutinitas belajar setiap hari tanpa mengenal kata menyerah. “Selain itu juga belajar habis maghrib sampai habis isya, pokoknya rutin,” tutur Arnold.

Untuk berburu ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan yang sesuai passion (keinginan atau kegemaran), akan membuatnya cepat menemukan jawaban dari keingintahuanya akan IT (Information Technology) atau Teknologi Informasi (TI).

“Saya memang suka IT, karena bisa mencoba hal baru. Dulu awalnya saya suka dari main game,” ucap Arnold.

Sifat keinginantahuannya akan sesuatu yang baru secara terus-menerus memiliki keinginan mempertanyakan dan  mencari jawaban, membuatnya menjadi yang terbaik dari ratusan siswa dan berhak mengantongi hadiah sebesar Rp 1,5 juta. “Juara IT Ya senang, agak gugup,” ” ujarnya menambahkan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search