TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Amazing Blitar

Wow, Remiten TKI Blitar Capai 500 Miliar Per Tahun

12/05/2018 - 13:15 | Views: 5.70k
Kepala Bank Indonesia Kediri saat menghadiri Expo Pertakina di Nglegok Kabupaten Blitar. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, BLITAR – Remiten atau pengiriman uang dari luar negeri yang dilakukan TKI Kabupaten Blitar mencapai angka fantastis. Pemkab Blitar mencatat, sebanyak Rp 500 miliar, uang yang dikirimkan TKI asal Blitar kepada keluarganya.

Remiten inilah yang diharapkan semakin berdampak pada kenaikan ekonomi rakyat. Utamanya pada derajat kemandirian ekonomi yang bermartabat bagi keluarga TKI. Dengan peningkatan ekonomi rakyat, merupakan wujud nyata terciptanya Amazing Blitar bagi warganya.

Kepala-Bank-Indonesia-Kediri-2.jpg

Pernyataan ini disampaikan Bupati Blitar Rijanto, saat expo Pekerja Migran Indonesia (PMI)di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Sabtu (12/5/2018).

"Remiten TKI dari Kabupaten Blitar selama setahun sekitar Rp 450-500 miliar per tahun. Harapannya, ini akan semakin berdampak pada kenaikan ekonomi masyarakat," kata Bupati Rijanto.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bank Indonesia Kediri Joko Rahardjo menyampaikan jika selama ini Pertakina telah menjadi patner dari Bank Indonesia. Tahun 2017 remitennya sekitar Rp 8,8 milyar.

Kepala-Bank-Indonesia-Kediri-3.jpg

"Secara peredaran barang memang defisit. Namun secara jasa justru surplus. Untuk itu, Pemerintah harus lebih berpihak kepada PMI. Perkuat sektor eksternal. Kenaikan suku bunga seperti sekarang ini, harus segera disikapi salah satunya dengan kegiatan yang digelar oleh Pertakina kali ini," kata Joko dalam sambutannya. 

Joko juga berpesan, sudah saatnya para PMI berwirausaha sendiri, berkarya di negeri sendiri. Sehingga perlu penguatan migrant network. Indonesia harus meniru Filipina dan India. Negara yang sangat care dengan pekerja migrant.

"Perlu dipikirkan juga menggandeng Otoritas Jasa Keungan (OJK), bagaimana dana remiten itu digunakan berinvestasi yang aman," pungkasnya. (*)

Jurnalis :
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search