TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita
Amazing Blitar

Expo Karya TKI, Tekad Menuju Kemandirian Ekonomi Yang Bermartabat

12/05/2018 - 12:12 | Views: 8.01k
Expo Karta TKI di Nglegok Kabupaten Blitar, wujud tekad kebangkitan kemandirian ekonomi yang bermartabat. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, BLITAR – Persatuan Tenaga Kerja Indonesia (Pertakina) Kabupaten Blitar menggelar pameran. Pameran ini berisi beragam produk unggulan, hasil karya keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan purna TKI se Kabupaten Blitar.

Pameran ini menunjukkan adanya tekad kebangkitan keluarga TKI, menuju kemandirian ekonomi yang lebih bermartabat. Karena kemandirian ekonomi warga merupakan hal fundamental dalam mewujudkan Amazing Blitar.

Aggota Komisi XI DPR RI Eva Sundari menegaskan,Pekerja Migran Indonesia (PMI)  atau yang dulu akrab dengan sebutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) harus berkontribusi turut membangun Indonesia dari pinggiran.

"Saat ini desa mempunyai anggaran besar dari pemerintah yakni dana desa. Pengelolaannya masing-masing desa berbeda. Harapannya, para PMI membantu desa melalui pemberdayaan masyarakat," kata Eva saat kegiatan Expo Pekerja Migran Indonesia di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Sabtu (12/5/2018).

Amazing.jpg

Pengelolaan dana desa, menurut Eva, sinergi dengan BUMDES.  Diharapkan benar-benar memberdayakan masyarakat desa. Kegiatan dari Pertakina ini sebagai momentum pergerakan ekonomi di perdesaan. Mengingat belum banyak desa mempunyai ide untuk memberdayakan masyarakatnya.

"Pengelolaan dana desa yang didalamnya juga ada peran dari PMI bisa meniru daerah lain seperti di daerah Jawa Tengah. Untuk mewujudkan ini,  harus gotong royong seluruh elemen terkait," tambahnya.

Eva Sundari menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Blitar yang telah mendukung kegiatan PMI.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs. H.Rijanto, MM dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi kepada Komisi XI DPR RI.

"Selama ini Komisi XI sangat perhatian kepada pekerja migran termasuk migran dari Kabupaten Blitar. Saya juga sangat mengapresiasi  Pertakina yang bisa membuktikan bahwa jerih payah bekerja di luar negeri digunakan sebagai modal usaha di negeri sendiri. Kegiatan expo ini sinergi dengan Slogan Ayo Bela Beli Produk Blitar," kata Bupati Rijanto.

Expo-Karta-TKI.jpg

Harapannya, event ini juga sebagai sarana promosi produk unggulan Kabupaten Blitar. Kabupaten Blitar juga sudah memulai promosi potensinya melalui Amazing Blitar yang premier filmya diputar di Los Angeles pada 2 Mei 2018 lalu.

Ini artinya Blitar sebagai Bhumi Laya Ika Tantra Adhi Raja atau bersemayamnya raja-raja, memang benar-benar menuju era Nusantara. Pemutaran Film Amazing Blitar garapan Sutradara Livi Zheng yang asli dari Blitar bukan saja membuat bangga Blitar, namun juga seluruh Nusantara. (*)

Jurnalis :
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search