TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Pendidikan
PKL Upsus di Lingga

STPP Malang Dorong Pembangunan Infrastruktur Pertanian di Lingga

12/05/2018 - 07:42 | Views: 6.05k
Ketua STPP Malang, Dr Ir Surachman Suwardi MP, saat memberi sambutan pada penutupan dan perpisahan PKL mahasiswa STPP, Jumat (11/5/2018) malam, di halaman Kantor Bupati Lingga. (FOTO: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia).

TIMESSANGGATTA, LINGGA – Pembangunan infrastruktur, seperti sistem irigasi, sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Lingga. Hal tersebut disampaikan Ketua STPP Malang, Dr Ir Surachman Suwardi MP.

"Setelah dicermati dan evaluasi, pembangunan infrastruktur pertanian perlu ditindaklanjuti," ujarnya saat penutupan dan perpisahan PKL mahasiswa STPP, Jumat (11/5/2018) malam, di halaman Kantor Bupati Lingga. 

BACA JUGA: STPP Malang Akhiri PKL dan Pendampingan Upsus di Lingga

Sebagian besar petani di Lingga, kata dia, adalah petani perkebunan dan kehutanan, serta nelayan. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan bimbingan teknologi dan penyuluhan.

Menurut Surachman, upaya tersebut sebagai bagian integral dari keberlanjutan program pasca PKL mahasiswa STPP.

Dia juga meminta kepada Bupati Lingga sebagai pemimpin daerah, untuk menumbuh kembangkan penyuluh pertanian swadaya.

Dijelaskannya, penyuluh swadaya berasal dari petani sendiri. Harapannya menjadi mudah dalam melakukan pembelajaran kepada petani lainnya.

"Jadi, petani belajar kepada petani. Ini barangkali satu pola yang harus dikembangkan di Kabupaten Lingga di samping pola rekrutmen (penyuluh)," ujar Ketua STPP Malang pada acara yang dihadiri langsung Bupati Lingga, Alias Wello. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Deasy Mayasari
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search