Gaya Hidup
Liputan6.com
Ingin Jago Nimbrung? Ini 4 Cara Tingkatkan Kemampuan Mengobrol
02-09-2018 - 04:25 | Views: 809
Ilustrasi -  Foto Wanita Karir (FOOT: iStockphoto)
Ilustrasi - Foto Wanita Karir (FOOT: iStockphoto)

SANGATTATIMES, JAKARTA – Memulai pembicaraan dengan orang yang baru ditemui dan belum kenal ketika berada dalam sebuah acara memang tidak gampang. Bahkan tak jarang muncul momen senyap seperti tak bisa berkata-kata dan membuat suasana terasa kikuk.

Ini tentu bisa menimbulkan suasana yang tidak nyaman dan pastinya cukup menyebalkan. Hal tersebut memang kerap terjadi, karena tak semua orang memiliki kemampuan atau bakat alami untuk menciptakan obrolan atau pembicaraan yang menarik dan diterima oleh semua orang. Apakah Anda punya masalah seperti ini?

Tapi jangan berkecil hati dulu. Sebab membangun percakapan atau obrolan yang lancar dan menarik bisa dipelajari dengan sangat mudah. Maka simak betul-betul tips luar biasa berikut ini demi meningkatkan kemampuan Anda dalam membangun percakapan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ceritakan Semua tentang Diri Anda
Berbicara dengan orang yang baru saja dikenal sangat berbeda dengan teman dekat yang telah lama kenal. Menjalin komunikasi dan mengobrol bukan hanya sekedar berbicara tak tentu arah, tetapi tahap awal untuk menjalin sebuah hubungan.

Ketika ingin menunjukan jika Anda adalah teman ngobrol yang asyik, maka bukan saja menunjukkan rasa antusias terhadap lawan bicara saja, namun juga menjalin sebuah hubungan yang dekat. Hal ini bisa dilakukan dengan bercerita sesuatu hal yang menarik tentang diri Anda, mulai dari hobi atau minat Anda.

Berceritalah tentang kegemaran atau apapun yang menarik untuk Anda, karena melalui hal tersebut kedekatan akan terjalin lebih mudah. Tetapi saat bercerita jangan terlalu fokus pada diri sendiri hingga tak memperhatikan orang lain yang bosan dengan cerita Anda. Lakukan interaksi saat bercerita agar tak monoton dan seolah menyombongkan diri.

2. Bicarakan tentang Hal-Hal Baru
Tahukah Anda apa berita terbaru yang sedang hangat diperbincangkan hari ini? Mengapa penting? Sebab dalam membangun pembicaraan dengan orang yang baru dikenal, berita atau informasi terbaru menjadi bahan yang jitu untuk menciptakan obrolan yang alami dan mengalir.

Maka dari itu, ketika Anda ingin memulai pembicaraan dengan orang baru, setidaknya milikilah informasi terbaru. Ini penting agar obrolan tidak kaku. Terlebih lagi, sebagian besar orang suka tentang berita baru, apalagi kalau beritanya masih hangat dan viral. Tentu akan mengundang teman bicara jadi lebih antusias menjalin obrolan dengan Anda.

Mengobrol-2.jpgTernyata kebiasaan sulit menatap lawan bicara saat mengobrol bisa dijelaskna secara ilmiah (Sumber foto: vemale)

Tapi hindari berita yang berat dan serius yang dapat mengundang perdebatan serius. Pilih tema yang ringan dan umum saja sebagai bahan pembicaraan dengan orang yang baru dikenal. Misalnya tentang berita selebritis, destinasi wisata, atau berita terbaru yang sedang booming atau hits saat ini.

3. Perlihatkan Rasa Ketertarikan
Ketika bercerita tentang hal-hal yang menarik, jangan hanya ingin jadi pusat perhatian yang akan didengarkan saja. Anda pun juga harus menunjukkan ketertarikan pada lawan bicara dengan memberinya kesempatan berbicara dan bercerita.

Ketika orang tersebut bercerita, dengarkan dan berikan tanggapan yang baik dan santun, jangan justru acuh tak acuh. Tanggapi cerita yang disampaikan dengan antusias, tatap matanya, dan berikan senyuman tulus. Misalnya saja ketika lawan bicara menceritakan tentang hobinya.

Tanyakan hal-hal yang sesuai dengan yang diceritakan, jangan justru melenceng dari tema yang dia bicarakan. Maka dari itu, tunjukan rasa empati dengan cerita tersebut. Ini penting demi membangun hubungan percakapan yang baik ketika bersama orang lain meskipun belum dikenal sekali pun.

4. Perlihatkan Rasa Percaya Diri
Bahasa tubuh yang Anda perlihatkan mampu memberitahukan segalanya tentang diri Anda bahkan sebelum memulai pembicaraan. Jadi, pelajari bahasa tubuh dengan baik, berdiri tegak penuh semangat dan perlihatkan rasa percaya diri. Tetapi bukan rasa angkuh atau menyombongkan diri. Kedua hal tersebut jelas sangat berbeda.

Percaya-Diri.jpgIlustrasi percaya diri. (via: istimewa)

Kepercayaan diri yang Anda perlihatkan akan mengundang orang lain agar lebih dekat dan ingin mengenal Anda. Jangan lupa berikan kontak mata dan senyum yang hangat, karena ini juga sama saja memberikan sinyal bahwa Anda terbuka dengan orang baru.

Tingkatkan Rasa Empati Agar Komunikasi Lancar

Kunci lancar melakukan pembicaraan atau ngobrol dengan orang yang baru ditemui ialah empati. Dengan memiliki rasa empati, maka akan membuat Anda lebih mampu menjalin kedekatan dengan seseorang dan menciptakan obrolan secara alami. Sehingga pembicaraan pun mengalir seolah sudah saling kenal lama. Semoga bermanfaat. (*)

Baca berita menarik lainnya di liputan6.com di sini

Pewarta
: Fitriana Monica Sari
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Sholihin Nur
Sumber
: Liputan6