TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Jelang Ramadhan, Polres Gresik Musnahkan Ribuan Miras

11/05/2018 - 23:40 | Views: 7.16k
Proses pemusnahan miras di Halaman Mapolres Gresik (FOTO : Humas Polres Gresik for TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, GRESIK – Jelang Bulan Suci RamadhanPolres Gresik mengamankan ribuan botol minuman keras (miras) ilegal hasil dari operasi peredaran miras yang ada di wilayah hukum Polres Gresik. 

Jumat (11/05/2018) siang, Polres Gresik bersama Forkopimda dan Tokoh Agama di Kota Puda memusnahkan ribuan botol miras di halaman Mapolres Gresik.

Acara pemusnahan miras tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro.

Ia mengungkapkan bahwa selama pelaksanaan operasi peredaran miras, ada sekitar 2.387 botol dari berbagai jenis miras dan merk miras yang diamankan oleh Polres Gresik saat menggelar razia peredaran miras.

"Selain itu juga, ada sekitar 286 botol miras yang juga berhasil diamankan oleh Satpol PP Kabupaten Gresik, ada158 tersangka yang berhasil kita amankan," ungkap Kapolres.

Pemusnahan-Miras-2.jpg

Dalam 158 tersangka yang berhasil diamankan, ada 88 tersangka merupakan penjual miras ilegal dan 70 tersangka merupakan peminum dan semuanya akan dikenakan tindak pidana ringan atau tipiring. 

Hal itu dilakukan karena pelaku telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Gresik nomor 19 tahun 2004 tentang perubahan atas Perda nomor 15 tahun 2002 tentang larangan peredaran miras di Kabupaten Gresik.

"Semua tersangka telah menjalani sidang tipiring di Pengadilan Negeri Gresik", tambah Kapolres.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, bahwa dalam operasi miras tersebut anggota juga telah mengamankan 2 orang tersangka yang saat ini masih menjalani proses penyidikan oleh anggota Sat Reskrim Polres Gresik karena telah menyimpan dan menjual ratusan karton miras ilegal. 

Karena sudah masuk dalam katagori tindak pidana dan oleh penyidik akan dikenakan sanksi pidana 15 tahun penjara karena telah melanggar pasal 240 KUHP jo pasal 140 jo pasal 86 ayat (2) dan atau pasal 142 jo pasal 91 ayat (1) UU RI nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

"Dua tersangka kita jerat dengan tindak pidana karena telah menjual ratusan karton miras secara ilegal", pungkas Kapolres.

Pemusnahan-Miras-3.jpg

Adapun 2 tersangka penjual miras ilegal ratusan karton yaitu TW als Karso (58) warga Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik pemilik 204 botol miras dalam kemasan botol air mineral 1,5 liter. 

Sedangkan satu tersangka lainnya yaitu IM als Pak Muk (51) warga Desa Senden Kecamatan Kayon Kecamatan Kediri pemilik 24 karton miras jenis vodka yang didalamnya berisikan sebanyak 480 botol dan merupakan salah satu pemilik home indutri miras di wiliyah Kabupaten Kediri. 

Pemusnahan ini juga merupakan salah satu bentuk genderang perang Polres Gresik melawan peredaran miras di Kabupaten Gresik. (*)

Jurnalis : MFA Rohmatillah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search