Peristiwa - Daerah
Exercise ISPS Code, Kolam Pupuk Kaltim Diserang Puluhan Orang
10-08-2018 - 09:24 | Views: 157
Tampak kapal Tug boat kapal Kutai II di bajak oleh oknum masyarakat (FOTO: Fauzi Humas PKT For Times Indonesia )
Tampak kapal Tug boat kapal Kutai II di bajak oleh oknum masyarakat (FOTO: Fauzi Humas PKT For Times Indonesia )

SANGATTATIMES, BONTANG – Kolam alur masuk dermaga PT Pupuk Kaltim diserang oleh puluhan orang yang menumpangi 5 perahu dan 3 speed boat. Petugas patroli bersama aparat keamanan sudah mengarahkan untuk keluar perairan kolam, tetapi penyusup yang menggunakan perahu dan speed boat tersebut tidak menghiraukan hingga membajak Kapal Tug boat Kutai II.

Kondisi ini bagi perusahaan dianggap telah mengancam keamanan perusahaan dan diputuskan untuk dinaikan menjadi level Dua hingga ke level Tiga.

Bagya-Sugihartana.jpgDirektur Produksi, Bagya Sugihartana memimpin upacara Exercise ISPS Code ( Foto : Fauzi Humas PKT For Times Indonesia)

Koordinasi dilakukan bersama Pihak kemananan baik itu Polairud dan Lanal Bontang untuk mengamankan upaya anarkis sekelompok oknum masyarakat tersebut. Hingga akhirnya, pihak keamanan berhasil mengamankan Dermaga dan perairan PT Pupuk Kaltim.

Peristiwa di atas merupakan Exercise International Ship and Port Security (ISPS) code  yang tercantum pada amandemen Safety of Lofe At Sea ( SOLAS) 1974 Bab XII-2 Part A dan B tentang peningkatan keamanan pelayaran yang digelar oleh PT Pupuk Kaltim bersama PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan PT Kaltim Methanol Industri (KMI) di area Dermaga 4 pelabuhan Tursina Bontang Kaltim,  Kamis,9/8/2018

Kegiatan yang bertajuk Joint Exercise  International Ship and Port Security (ISPS) code  Tersus PKT, KPI dan KMI dipelabuhan PT pupuk kaltim tersebut dihadiri oleh Direktur Produksi, Bagya Sugihartana, Gm Operasi 2 PKT, heri subagyo, Gm Umum, Nur Sahid, Manajemen PT KPI, PT KMI, Kadishub Bontang, Sukardi, Wakapolres Bontang, Kepala Bea cukai, Kepala Kantor Imigrasi dan perwakilan Lurah Loktuan dan Guntung.

Kegiatan diawali dengan upacara bersama ini  dipimpin oleh Direktur Produksi, Bagya Sugihartana. Dalam sambutannya beliiau menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan tersebut.

Oknum-penyusup-ditangkap.jpgOknum penyusup ditangkap petugas keamanan. (Foto: Fauzi Humas PKT For Times Indonesia)

“Kegiatan ini  bertujuan untuk menjamin keamanan kapal kapal pengangkut Pupuk dan JVC selain itu kapal pengangkut bahan bahan penunjang produksi terutama kapal berbendera asing yang masuk ke dermaga PKT yang berstandar Internasional, “ Jelasnya

Bagya menambahkan digelarnya kegiatan seperti ini adalah upaya PT Pupuk Kaltim untuk tetap tidak mengabaikan segala resiko yang terjadi.

“Selain itu PT Pupuk Kaltim dan JVC juga tidak mengabaikan kemungkinan resiko bahaya yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja resiko tersebut dapat terjadi, “ ujarnya.

Direktur-Produksi.jpgDirektur Produksi, Bagya Sugihartana (dua dari kanan) bersama Kadishub Bontang,  Sukardi, Wakapolres Bontang, Eko alamsyah dan GM Umum PKT,  Nur Sahid. (Foto: Fauzi Humas PKT For Times Indonesia)

Bagi Perusahaan berstandar Internasional ini perusahaan tidak akan berhenti memberikan pelatihan dan Exercise untuk memenuhi implementasi ISPS Code Tersus PT Pupuk Kaltim. “Kami pun telah melakukan pelatihan dan Exercise di gedung Diklat PKT untuk memenuhi standar implementasi ISPS Code, bahkan perusahaan diminta memelihara kemanan secara periodik dan berkesinambungan, “ Tambah Bagya.

Usai sambutan, Bagya Sugihartana menekan tombol di mulainya kegiatan dan langsung menyaksikan simulasi Exercise ISPS Code. Dalam upacara  exercise ISPS Code tersebut  dihadiri oleh PT. KJS, POLAIRUD, Karyawan PT Pupuk Kaltim dan LANAL Bontang. (*)

Pewarta
: Kusnadi
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rochmat Shobirin