TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Indonesia Sesalkan Keputusan AS untuk Mundur dari Kesepakatan JCPOA

10/05/2018 - 15:15 | Views: 2.76k
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (FOTO:VOA Indonesia)

TIMESSANGGATTA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia menyesalkan langkah Amerika Serikat yang mundur dari kesepakatan tentang senjata nuklir antara Iran dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman, atau "Joint Comprehensive Plan of Action" (JCPOA).

Demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis (10/5/2018) di Jakarta.

"Pemerintah Indonesia berharap negara pihak JCPOA lainnya untuk tetap menghormati komitmennya dan meminta masyarakat internasional untuk terus mendukung perjanjian tersebut."

Permintaan yang sama juga dilakukan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Dia mendesak pihak-pihak lain yang masih berkomitmen pada kesepakatan nuklir Iran (JCPOA) tetap mematuhi komitmen mereka setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan AS menarik diri.

Guterres juga mengatakan dalam pernyataanyan bahwa ia "sangat prihatin" atas keputusan Presiden AS Donald Trump.

"Penting bahwa semua keprihatinan menyangkut penerapan rencana itu disampaikan melalui mekanisme yang telah dibentuk dalam JCPOA. Masalah-masalah yang tidak terkait langsung dengan JCPOA harus disampaikan tanpa prasangka untuk menjaga kesepakatan dan pencapaiannya," kata Guterres.

Seperti diketahui, JCPOA adalah sebuah capaian penting diplomasi yang dapat berperan dalam mendorong non-proliferasi senjata nuklir dan penciptaan perdamaian serta stabilitas di kawasan dan dunia.(*)

Jurnalis :
Editor :
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search