TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Jelang Ramadhan, Kirab Koin NU Peduli Probolinggo Rampung Digelar

10/05/2018 - 14:24 | Views: 2.80k
Para santri Ponpes An nur Kota Probolinggo, mengumpulkan koin peduli sesama. (FOTO: Happy L./TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, PROBOLINGGO – Jelang Ramadhan 2018, kirab Koin NU Peduli Probolinggo, rampung digelar. Target donasi untuk sesama itu, sengaja diselesaikan menjelang Ramadhan untuk mensiasati pengumpulan dari para santri ponpes, dan madrasah diniyah. Yang umumnya libur panjang saat puasa hingga Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya, hasil sumbangan yang terkumpul, akan diteruskan ke PBNU dan PWNU Jawa Timur. Lalu kemudian, disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Kirab koin NU peduli itu sendiri, di Kota Probolinggo Jawa Timur, terakhir digelar di ponpes An – Nur, di Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih. Para santri dan dewan guru, sangat antusias, menyisihkan uang saku mereka. Untuk didonasikan pada masyarakat yang lebih membutuhkan.

Sedikitnya, Rp 5 juta terkumpul dari kirab koin NU peduli tersebut. Dana yang terkumpul, diserahkan ke PBNU dan PWNU Jawa Timur.

“Dengan prosentase pengelolaan dana infaq dan shodaqoh, 10 persen PBNU, 20 persen PWNU, dan sisanya 70 persen dikelola sendiri oleh NU care-laziznu PCNU cabang Kota Probolinggo,” kata Sekretaris NU Care-laziznu Cabang Kota Probolinggo, Hamdan Amrullah, Kamis (10/5/2018).

Sementara itu, pengurus pondok pesantren An-Nur, Badruddin Munir mengatakan, kegiatan kirab koin NU Peduli memiliki nilai positif bagi para santri dan siswa madrasah diniyah. "Ini akan mengasah kepekaan sosial mereka serta belajar menyisihkan harta benda mereka, yang menjadi hak anak yatim dan kaum dhuafa," ucapnya.

Masih menurut Munir, selain memiliki nilai positif penanaman karakter untuk saling berbagi, terjunnya pengurus nu care-laziznu ke pondok pesantren dan madrasah diniyah, menjadi pengetahuan dan pemahaman langsung para santri. Seperti apa sebenarnya program kerja kemanusiaan nahdlatul ulama.

Tak hanya kirab kotak infaq dan shodaqoh Koin NU Peduli saja yang sudah dijalankan oleh pengurus NU care-laziznu Kota Probolinggo. Program koin nu ini juga disebar ke sejumlah kantor pemerintah dan swasta serta ke rumah-rumah warga. (*)

Jurnalis :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher :
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search