Politik
KPU RI Minta Partai Politik Siapkan Dokumen Pendaftaran Capres-Cawapres
06-08-2018 - 16:54 | Views: 285
Ketua KPU RI Arief Budiman di Kantornya. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Ketua KPU RI Arief Budiman di Kantornya. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

SANGATTATIMES, JAKARTAKetua KPU RI, Arief Budiman meminta partai politik mulai menyiapkan dokumen  pendaftaran Capres dan Cawapres dengan baik.

"Mudah-mudahan parpol itu mempersiapkan dokumen para capres dan cawapresnya dengan baik," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018).

Arief-Budiman-dan-tjahyo.jpg

Menurutnya, meski saat ini nama paslon belum ditentukan, parpol harus sudah menyiapkan dokumen pendaftaran. Hal itu untuk menghindari kekurangan saat mendaftarkan capres dan cawapres.

"Jadi kalau sudah mulai kelihatan siapa saja yang mungkin akan dicalonkan itu, mulai sekarang dokumennya mulai disiapkan, karena tidak mungkin putusannya malam terus tiba-tiba langsung siapkan dokumen," tuturnya.

Untuk memastikan semua dokumen siap dan benar, pihaknya menyarankan partai politik  mengonsultasikannya terlebih dulu ke KPU.

"Saran saya, bisa juga dokumen-dokumen itu dikonsultasikan terlebih dahulu ke KPU supaya nanti saat pendaftaran seluruh dokumen bisa dinyatakan sah dan diterima. Rahasia terjamin," ujar Arief.

Tak hanya itu, Arief juga mengingatkan partai politik untuk membantu KPU menciptakan suasana pendaftaran yang tertib. Berdasar pengalaman, pendaftaran capres-cawapres hanya sebentar, justru pesta pasca pendaftaran yang berlangsung hingga larut malam.

"Kami ingatkan juga biasanya pesta pendaftaran itu sampai larut malam, jadi daftarnya ke KPU sebentar, tapi pestanya sampe malam," tutur Arief.

Diketahui, KPU RI telah membuka pendaftaran Capres-Cawapres sejak Sabtu 4, hingga Jumat 10 Agustus. Penyelenggara Pemilu 2019 pun sudah mempersiapkan segala keperluaan pendaftaran, seperti ruang penyerahan berkas pendaftaran, ruang transit VIP, hingga ruang konferensi pers. (*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: