TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Perangi Pemanasan Global, Lakukan Hal Kecil ini

11/10/2018 - 15:03 | Views: 12.25k
Ilustrasi - Pemansan Global (FOTO: The Indian Wire)

TIMESSANGGATTA, JAKARTAPemanasan global menjadi isu penting dunia sejak beberapa tahun terakhir. Benua Antartika mulai berkurang luasannya disebabkan oleh lelehnya es di daerah itu, menjadi salah satu indikator pemanasan global semakin meningkat.

Lantas apa yang bisa kita perbuat untuk mengatasi hal itu? Beberapa cara mudah dapat Anda terapkan. Seperti mengurangi konsumsi daging. Berdasarkan penelitian dari International Livestock Research Institute (ILRI) Kenya, menyebutkan konsumsi daging sapi yang meningkat di dunia akan mempercepat kenaikan temperatur di bumi. Itu karena peternakan, terutama sapi, menghasilkan 14,5 persen dari total emisi gas rumah kaca di dunia.

Yang kedua Anda dapat mengurangi intensitas bepergian menggunakan pesawat. Sebab penerbangan pesawat penyumbang emisi karbon yang cukup besar. Bayangkan ada berapa banyak pesawat yang terbang setiap harinya! Jadi, ketika merencanakan liburan, pikirkan lagi lokasinya. Jika terjangkau ada baiknya menggunakan alat transportasi lain seperti kereta api.
 
Untuk memerangi pemanasan global, Anda juga dapat menadi aktivis lingkungan. Tak perlu aktivis kelas internasional, kelas rumahan atau kantoran saja Anda sudah hebat. Caranya Anda selalu mengingatkan pada orang sekitar Anda untuk menghemat penggunaan listrik, air, kertas dan plastik. Anda juga dapat mengajak orang sekitar rumah Anda melalui RT atau RW untuk menanam pohon.  

Hidup di era digital, Anda pasti memiliki media sosial bukan? Nah Anda sapat memanfaatkan media sosial itu untuk mengkampanyekan soal bahaya pemanasan global yang kian mengkhawatirkan. Yuk kita sama-sama menjaga bumi ini agar tetap lestari.(*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search