TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Gaya Hidup

Benarkah Konsumsi Makanan Pedas Memicu Insomnia?

11/10/2018 - 02:26 | Views: 37.30k
Ilustrasi - Insomnia (FOTO: geneticliteracyproject)

TIMESSANGGATTA, JAKARTAMakanan pedas kerap kali menjadi penyelamat bagi sebagian orang yang kehilangan nafsu makan. Namun, makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan dengan tingkat kepedasan yang tinggi justru akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan, konsumsi makanan pedas saat malam hari bisa memicu insomnia, lho!

Mengapa konsumsi makanan pedas memicu susah tidur atau insomnia? Hal ini disebabkan oleh perut yang terasa tidak nyaman dan panas hingga beberapa waktu setelah mengonsumsinya.

Sistem metabolisme tubuh juga akan meningkat dengan drastis demi mencerna makanan pedas dan akhirnya membuat kita lebih waspada dan tidak mudah mengantuk.

Selain insomnia, makanan pedas menjadi salah satu faktor yang dapat membuat asam lambung meningkat dan dapat mengiritasi dinding lambung.

Berlebihan makan makanan pedas juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti badan kurus, perut mulas, dan kepala pusing.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan mengonsumsi makanan pedas di malam hari. Jaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang baik. Anda boleh makan makanan pedas, asal tidak berlebihan. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search