TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Ekonomi

Disperindag Gandeng Ibu-Ibu PKK Tingkatkan Kualitas Batik Lamongan

11/10/2018 - 16:46 | Views: 26.00k
Ketua Tim Penggerak PKK Lamongan Mahdumah Fadeli saat mempraktikkan langsung membuat batik khas Lamongan di kantor PKK Lamongan, Kamis, (11/1/2018). (FOTO: Siti Nura/TIMES Indonesia)

TIMESSANGGATTA, LAMONGAN – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, terus berupaya untuk meningkatkan kualitas batik Lamongan. Satu di antara dengan menggandeng para ibu-ibu penggerak PKK untuk ikut mengembangkan batik Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, itu.

"Melalui pelatihan ini kami ingin meningkatkan kwalitas dari batik," kata Sekretaris Disperindag Lamongan, Siswo, Kamis, (11/10/2018).

Para ibu-ibu PKK ini, diajari cara membatik dengan baik, tak hanya diberikan materi terkait proses membatik, ibu-ibu PKK ini juga langsung mempraktikan membuat batik.

ikm-batik.jpg

"PKK itu banyak bertemu dengan para penggerak PKK yang ada di tingkat desa itu perlu mengetahui, perlu punya ilmu yang berkenaan dengan perbatikan itu," ujar Siswo.

Siswo pun berharap setelah mendapatkan pelatihan tersebut, ibu-ibu PKK yang ada di desa bisa menyalurkan ilmunya ke para penggiat IKM di desanya.

“Nanti paling tidak digunakan sebagai bahan untuk membina para IKM yang ada di masing-masing desa melalui pertemuan-pertemuan PKK," ucapnya.

Siswo berharap kualitas batik khas Lamongan bisa lebih baik lagi dan bisa lebih menembus pasar di luar Kabupaten Lamongan, bahkan menembus pasar luar negeri.

"Kalau kualitas bagus paling tidak nanti pasarnya juga akan bisa ekspansi tidak hanya di dalam Kabupaten Lamongan, tetapi ekspansinya juga bisa tingkat Nasional dan mungkin juga bisa tingkat Internasional," tuturnya.

Harapan senada juga disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Lamongan, Makhdumah Fadeli. Istri Bupati Fadeli ini menginginkan batik khas Lamongan bisa memiliki kualitas yang lebih baik lagi.

membatik.jpg

Ia pun mengaku telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualias batik khas Lamongan. "Batik Lamongan kan tiap tahun memang saya bina, saya adakan pembinaan, saya adakan lomba desainer, kemudian lomba batik, tiap tahun rutin,” ujarnya.

Lebih jauh, Makhdumah menilai, Batik Lamongan sudah  cukup bagus. “Batik Lamongan sekarang luar biasa, tidak kalah dengan daerah lain,” ucapnya.

Nah, dengan adanya pelatihan dari Disperindag, Ia berharap kualitas Batik khas Lamongan semakin meningkat. Saya mengharapkan ibu-ibu PKK yang belajar ini juga harus mau mengenalkan Batik Lamongan ini kepada masyarakat," ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Siti Nura
Editor :
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Lamongan
Copyright © 2018 TIMES Sanggatta
Top

search Search